Wednesday, March 21, 2012

Cara Mengganti Gigi Yang Tercabut/ Hilang

Artikel By Aceh Community On Cara Mengganti Gigi Yang Tercabut/ Hilang  - Gigi hilang sering menjadi sumber rasa malu dan menimbulkan berbagai masalah seperti kesulitan mengunyah, kesulitan berbicara, dan kerusakan gigi akibat pergeseran gigi-gigi yang berdekatan. Untungnya, berbagai solusi kini tersedia untuk mengganti gigi yang hilang. Berikut adalah 4 pilihan yang tersedia: Baca Juga : Tips Membersihkan Mulut dan Gigi dan   Cara Merawat Gigi Susu
The face of Polandphoto © 2009 Andy Bullock | more info (via: Wylio)

1. Gigi palsu lengkap

Bila seluruh gigi sudah hilang, solusinya adalah gigi palsu lengkap yang biasanya terbuat dari akrilik. Gigi palsu lengkap dapat “langsung” atau “konvensional”. Gigi palsu langsung bisa langsung dipasang tanpa harus menyesuaikan dengan pola rahang pengguna seperti halnya gigi palsu konvensional. Keuntungannya, pasien bisa langsung memiliki gigi. Namun, tulang dan gusi dapat menyusut dari waktu ke waktu, terutama selama periode penyembuhan setelah pencabutan gigi. Oleh karena itu, gigi palsu langsung umumnya hanya solusi sementara sampai gigi palsu konvensional dapat dibuat.

2. Gigi palsu parsial

Solusi ini digunakan ketika hanya beberapa gigi yang hilang. Gigi palsu parsial terdiri dari gigi pengganti yang melekat pada dasar plastik yang berwarna seperti warna gusi, yang dihubungkan dengan kerangka logam untuk menahan gigi palsu di tempatnya. Gigi tiruan ini ditahan oleh gigi-gigi asli yang berdekatan dengan jepit atau kaitan presisi (jepit tersembunyi) pada mahkota gigi.

3. Jembatan gigi

Berbeda dengan gigi palsu parsial, jembatan gigi adalah gigi palsu yang ditempatkan secara permanen. Metode ini lebih mahal tapi populer untuk mengganti sebuah gigi yang hilang. Prosedurnya melibatkan dokter gigi untuk mengikis mahkota gigi-gigi yang berdekatan dan mengambil pola cetakan. Sebuah jembatan berbasis porselen dan emas kemudian dicetak. Jembatan tersebut lalu dipasang di celah dan gigi-gigi sekitarnya. Hasilnya adalah perasaan yang sangat alami. Dengan warna alami seperti gigi asli, jembatan gigi adalah pilihan ideal untuk orang yang tertarik dalam restorasi gigi yang tidak terdeteksi.

4. Implan gigi

Bila gigi yang hilang lebih dari satu atau dokter gigi khawatir jembatan gigi biasa tidak cukup kuat untuk menahan tekanan waktu mengunyah, implan gigi digunakan. Metode ini melibatkan penempatan batang titanium kecil ke tulang rahang. Batang ini berfungsi sama seperti akar gigi. Ketika implan terpasang di tulang rahang, mahkota gigi bisa melekat padanya. Hasilnya adalah perasaan yang sangat alami dan tidak ada efek pada gigi sekitarnya. Namun, metode ini memerlukan dua tahapan dan memakan waktu lama, sekitar delapan atau sembilan bulan perawatan diperlukan untuk memasang implan di tempatnya. Ini juga merupakan prosedur cukup kompleks yang membutuhkan bedah mulut minor. Akibatnya, biayanya lebih mahal.
di Rating 4.5

No comments:

Post a Comment